Open Call Application & Exhibition

Melalui Open Call Application, ART|JOG membuka kesempatan luas bagi seniman dan publik untuk berpartisipasi dengan mengirimkan karyanya untuk dikurasi oleh kurator ART|JOG. Open Call Application sekaligus menjadi sarana untuk menjaring potensi-potensi seniman muda terbaik. Tidak terbatas pada medium tertentu, ART|JOG menampilkan keberagaman karya, baik itu lukisan, grafis, foto, instalasi multidimensi, patung, mekanik-kinetik sampai performance art. Sebanyak 73 seniman baik dari Indonesia dan mancanegara akan berpartisipasi dalam pameran ini dengan memamerkan ratusan karya dalam payung kuratorial Changing Perspective.

Commission Works

Commission works menjadi salah satu program ART|JOG yang dinanti oleh publik. Dalam program ini, ART|JOG mendaulat sejumlah seniman baik individu atau kelompok dalam satu proyek khusus, baik untuk menggubah halaman muka gedung pameran atau ruang pamer dengan berbekal tema kuratorial yang ada. Tahun 2017 ini, seniman muda asal Yogyakarta, Wedhar Riyadi didaulat sebagai commission artist yang akan menghadirkan instalasi balon-balon mata gigantik di situs Jogja National Museum.

Wedhar Riyadi (b. 1980) adalah bagian dari sekelompok seniman Indonesia yang karyanya sangat dipengaruhi oleh era perubahan, transisi jatuhnya rezim Suharto, era demokrasi, dan masuknya budaya populer Jepang dan Barat dalam hiburan lokal. Dengan garis mereka yang kuat, warna-warna cerah, dan citra pop / bubur grafis, kita bisa melihat pengaruh budaya jalanan, grafiti, dan buku komik dalam lukisan dan ilustrasi Riyadi, dikombinasikan dengan warisan budaya Jawa sendiri.

Sejak tahun 2007, Riyadi telah tertarik pada penggambaran kekerasan dalam budaya populer, dan efek dari kekerasan dalam kehidupan sosial politik di Indonesia. Ia menjelajahi ide-ide ini dengan mengadu karakter buku komik dalam pertempuran epik melawan tokoh-tokoh dari teater tradisional Jawa, atau lukisan di atas gambar arsip ditemukan, mendistorsi dan wajah menodai dari masa lalu Indonesia dengan pengaruh dari sekarang. Karya-karya Riyadi telah dipamerkan secara luas di Asia, Australia, Eropa dan Amerika Serikat, dan pada tahun 2012 berpartisipasi dalam Asia Pasifik Triennale di Brisbane, Australia. Selain berbagai koleksi pribadi di seluruh dunia, karya-karyanya termasuk dalam koleksi Art Gallery Queensland. Saat ini, Riyadi berkarya dan menetap di Yogyakarta, Indonesia.

Young Artist Award

Bermula pada 2008 dengan nama Jogja Art Fair, ART|JOG bertransformasi dan terus mengembangkan diri merespon kemajuan zaman, juga mengambil peran aktif di dalam menciptakan ekosistem kesenian yang lebih kuat, baik di Yogyakarta maupun Indonesia. ART|JOG merasa turut bertanggung jawab untuk memberikan pengaruh, semangat, dan dorongan bagi seniman-seniman muda agar dapat mengembangkan lintasan karir mereka.

Di dalam kerangka inilah, ART|JOG melahirkan Young Artist Award. Ajang penghargaan seniman muda ini dipersiapkan sebagai sarana untuk menunjang lintasan karir mereka ke depan melalui tiga hal:
1. dapat menambah portofolio bagi seniman-seniman muda,
2. mendorong kreasi seniman muda dengan semangat kompetisi, dan
3. menambah dan memperluas jaringan seniman

Sejak tahun 2013, Young Artist Award hadir dalam salah satu program utama ART|JOG. Kompetisi ini mensyaratkan seniman muda partisipan ART|JOG yang berusia di bawah 33 tahun sebagai pesertanya.